14.7.17

Antara Kinerja, Teknologi Dan Sanksi




Abstrak

Perkembangan teknologi semakin hari sangat pesat, dimana perkembangannya mengimbangi ekspektasi dari pengikut setianya. Secara langsung hal ini juga terjadi pada kehidupan birokrasi pemerintah, secara sadar yang kadang terpaksa harus diikuti oleh para birokrat jika tidak ingin tertinggal atau kalah bersaing dengan tenaga-tenaga baru. Dalam artian tidak harus seperti mahasiswa jurusan teknik informatika yang kurikulumnya dibuat mengikuti perkembangan teknologi termutakhir.
Teknologi digunakan sebagai alat bantu (tools) untuk membantu melaksanakan apa yang menjadi TUPOKSI nya serta mengevaluasi hasil pekerjaan. Dasar kinerja utama dan metode penilaian tetap adalah pada standar operasional prosedur (SOP) serta Job Description yang dibuat dan didasarkan pada Undang-undang dan Peraturan yang berlaku.
Teknologi dapat diterapkan dimulai dari digitalisasi absen pegawai, otomatisasi perencanaan dan penyusunan program kerja organisasi, pembuatan system informasi pekerjaan, digitalisasi penilaian, pengaduan online atas kinerja serta pembuatan eksekutif information system yang digunakan oleh Pengguna atau level pimpinan (pengambil kebijakan).
Kinerja yang baik dan kinerja yang buruk akan jelas terlihat kasat mata oleh penilai melalui system yang dibuat berdasarkan criteria, variable dan kesimpulan menggunakan alat bantu yang dinamakan teknologi informasi. Tanpa bisa dirubah, dipoles atau di markup ketika system dijalan dengan benar, artinya input dan output data nya bukan data sampah (manipulasi). Manfaat (outcome) yang didapat juga dirasakan dan dapat dibanggakan oleh pengguna(pimpinan) yang bertanggung jawab, bertanggung jawab atas komitmennya membuat birokrasi yang sehat dan berwibawa. Bukan pengguna yang mengharapkan kerusakan atau kepanikan pada bawahan dan stafnya.
Ketika semua dilakukan secara transparan maka reward (penghargaa) dan punishment (sanksi) lebih mudah diterapkan, apa fungsinya ? semangat dan kinerja bawahan dan staf akan terpacu untuk mengikuti dan memenuhi variable yang telah ditetapkan.
Pengguna sebagai teladan, sebagai acuan, sumber kejelasan perintah yang memberikan solusi atas kesulitan yang dialami oleh bawahan atau staf nya secara umum adalah harapan semua.
Kinerja buruk, sanksi mengikuti dan teknologi yang berperaturan solusinya.

0 komentar:

Posting Komentar