26.9.12

Kepulauan Kangean : Mengunjungi Si Imut Nemo dan Ikan Macan di Kepulauan Kangean




detikTravel Community - 
Bila Anda melakukan diving di Kepulauan Kangean, Madura, jangan heran karena banyaknya ikan badut dan ikan macan yang berkeliaran di sana. Beberapa titik penyelaman punya biota laut yang mengagumkan!

Kangean merupakan gugusan kepulauan yang terletak di Madura, Jawa Timur. Untuk menuju Kangean Anda harus menumpang kapal dari Pelabuhan Kalianget. Waktu tempuh perjalanan pun bergantung dengan kapal yang digunakan. Bila menggunakann kapal ekspres waktu yang diperlukan adalah selama 4 jam sedangkan bila menggunakan kapal feri waktu yang tempuh lebih lama sekitar 8 jam.

Kepulauan Kangean sendiri terdiri atas beberapa pulau, di antaranya Pulau Kangaean, Pulau Sapeken, Pulau Saebus, dan Pulau Mamburet. Perairan di sekitar Kepulauan Kangean memiliki pemandangan yang sangat indah. Pantainya yang berpasir putih dengan airnya yang jernih, menggoda siapa saja untuk langsung menyelam. 
Selain pantainya indah, pemandangan bawah lautnya juga tak kalah cantiknya. Koral di perairan ini sangat sehat dan berwarna-warni. Beragam jenis ikan hidup menghiasi alam bawah lautnya bahkan ada salah satu spot diving yang dinamakan Ladang Nemo. Dalam spot ini banyak terdapat clawn fish dan anemon. Selain itu, juga ada spot Lion Fish karena banyaknya ikan macan yang hidup di daerah sini. Namun, bila Anda ke sini harus berhati-hati karena ikan yang satu ini beracun.
Akan tetapi, sangat disayangkan keindahan alam ini belum berkembang secara maksimal. Ditambah lagi kurangnya perhatian, terbukti dari banyaknya nelayan setempat yang mulai melakukan pengeboman. Jika hal ini terus dibiarkan, maka keindahan alam yang sangat menawan ini akan segera sirna. Yuk, bareng-bareng kita jaga kelestarian laut Indonesia!

0 komentar:

Posting Komentar