4.10.12

Kepulauan Kangean : Keadaan Sumber Daya Alam

Kepulauan Terujung Propinsi Jawa Timur (Indonesia)

 Gambar. Salah Satu Pesisir Pantai Kepulauan Kangean
Setelah bulan kemarin, penulis menceritakan tentang rute perjalanan ke Pulau Kangean sekarang kita melihat pulau Kangean dari keadaan sumber daya alamnya, tentunya dari sudut pandang dan pengamatan langsung dari penulis....

      2. Keadaan Sumber Daya Alam
Kepulauan Kangean mempunyai keindahan alam yang sangat luar biasa dari pantai nya yang berpasir putih atau pulau2 nya dari yang besar dan kecil. Keindahan lautnya juga tidak kalah
indah,banyak sekali berbagai macam ikan dan luar biasanya jumlahnya.. Penulis baru sadar ketika disini memang kekayaan laut Indonesia sangat luar biasa, makanya banyak yang mencoba mencurinya.Mungkin Keindahan ini belum terexplorasi dengan baik, mungkin jika sudah ada infrastruktur yang baik(Jalan,hotel,alat transportasi dan Listrik) tidak kalah dengan tempat wisata pantai yang sekarang ada. 
Selain alam nya, di kepulauan Kangean juga ada perusahaan pengeboran minyak, tepatnya di pulau Pagerungan Besar yaitu Kangean Energy Indonesia(KEI).
Pada saat penulis jalan-jalan kesana, memang hampir setengah pulau Pagerungan besar berdiri perusahaan tersebut, dari keterangan saudara dari teman bahwa banyak dari penduduk local yang dipekerjakan sebagai tenaga di perusahaan tersebut. Yang penulis alami langsung sewaktu disana(tahun 2010) malam itu bertepatan dengan pemadaman bergilir tempat penulis menginap.Loh….
Gambar. Pipa Pengeboran Minyak

Di Pulau Kangean sebagai pulau terbesar juga Listrik menjadi sesuatu yang sangat berharga, saat artikel ini ditulis listrik di nyalakan oleh PLN jam 05.00 sore dan di padamkan jam 05 pagi, untuk kegiatan siang kebanyakan menggunakan Genset. Ini masih disyukuri karena tidak setiap hari seperti itu, karena pengaruh pasokan bahan bakar ke PLN yang diangkut oleh kapal/perahu sehingga jika cuaca buruk/gelombang tinggi pemadaman semakin sering di malam hari/digilir meskipun siang sudah pasti padam.Penulis kembali sadar bahwa betapa beruntung nya kita yang hidup di kota2 besar atau tempat yang tidak mengalami pemadaman, betapa berharga nya listrik, mari kita hemat dan matikan yang tidak perlu.
Selain laut,keindahan alam dan minyak, kepulauan Kangean juga mempunyai kayu yang berkualitas bagus, tapi disini penulis tidak mengetahui secara detail tempat dan jenis nya, Cuma dari pengamatan langsung penulis diwilayah timur pulau Kangean hutan banyak yang mengalami kebotakan, belum mengetahui apa sebabnya ?. Penduduk lokal sudah ada juga yang bisa membuka usaha mebelair dengan kualitas dan model yang tidak kalah bagusnya.  
Tanaman kelapa yang banyak tumbuh disana juga menjadi kekayaan alam tersendiri bagi penduduk, banyak yang membuat minyak kelapa,kopra untuk dijual keluar Kangean. Saat ini sudah banyak penduduk lokal yang melakukan penanaman sayur dan buah sehingga tidak terlalu tergantung pasokan dari luar, mulai dari cabe,tomat,sawi,melon,semangka dll. Padi juga sudah banyak yang menanam sendiri meskipun dari jenis varietas biasa. Penulis belum menemui penduduk lokal yang melakukan peternakan ayam,lele atau bebek, mereka masih mengandalakan pasokan dari luar.Bisa dibayangkan ternak itu harus naik kapal dulu untuk masuk kesana,jika terjadi gelombang tinggi?

Next Bersambung ke…

       3.      Keadaan Ekonomi
       4.      Keadaan Sosial/Kemasyarakatan
 5.   Kebudayaan Lokal

1 komentar:

  1. mengalami kebotakan? sebelah mana pak? pas saya kesana,sempet lihat foto jaman dulu waktu belum ada perusahaan migas disana dan ada jg foto setelah ada perusahaan migas disana,malah jauh lebih hijau setelah ada perusahaan..katanya sih krn ada program 1000 pohon dan penanaman mangrove. kalau sblm ada perusahaan ya pohon2 yg tumbuh disitu ya apa adanya aja.. pas saya kesana kebetulan pas bibit tanaman dari pulau jawa baru masuk,jadi sebagian ditanem di area perusahaan,sebagian dibagi ke warga melalui pekerja lokal. sy smpt ikut nanem pohon kelapa,dan smpt liat pmbibitan mangrove nya,pengakuan dari warga lokal sendiri malah,yg bilang sekarang jadi makin banyak pohon..
    dan info aja,pas sy kesana,PLN sudah nggak menyuplai listrik ke pulau pagerungan pak,sekarang listrik di 1 pulau itu disokong spenuhnya oleh perusahaan migas tsb. dan pekerja lokal bahkan berinovasi,dr ilmu yg mereka dpt selama kerja disitu,mereka bisa bikin lampu emergency di masing2 rumah mereka dan tetangga sekitar..menurut slh 1 tokoh warga gini : skrng malah warganya banyak yg punya barang elektronik yg pakai daya listriknya tinggi,jd kadang suka ga kuat pasokan listrik dr perusahaan itu. kalau waktu awal2 sih kuat2 aja,tp ya sekarang hmpir smua punya tv,radio,rice cooker,ya barang2 elektronik lah..tp kita mah bersyukur,krn kita kan ga perlu bayar,listrik dan air bersih semua ditanggung dr sana. ya paling listrik mati kalau disana mesin lagi ada masalah (shutdown),kalau lagi normal ya nyala2 aja.skarang jg hampir setiap rumah ada lampu emergency,jadi kalaupun mati ya ga gelap2 banget lah.. (kurang lebih begitulah pas sy ngobrol sm salah 1 tokoh masyarakat)..dr sini pandangan sy mulai berubah,sy kira semua perusahaan besar itu pasti merugikan masyarakat sekitar,tp disini justru lain,ktanya program CSR nya juga udah banyak banget utk masyarakat..katanya dulu masayarakat smpt demo sekali,tp ternyata itu cuma salah paham aja,ada yg ngomporin dari LSM manaaa gitu,katanya air utk warga itu air bekas,setelah diklarifikasi dan dikasih bukti data2nya,adem lagi deh..yaa semoga perusahaan besar lain begitu juga,ga arogan,memberikan manfaat utk masyarakat sekitar..ngangenin banget pulau ini :)

    BalasHapus