PERENCANAAN SISTEM
Proyek Sistem Informasi
harus direncanakan dengan baik, meliputi :
1.
Identifikasi
2.
Klasifikasi
3.
Peringkat
4.
Pemilihan
Untuk pembuatan SI,
pengembangan SI atau meniadakan SI. Perencanaan juga harus dapat menjawab atas pertanyaan Teknologi dan aplikasi apa
yang tepat (memberi nilai tambah) yang
dibutuhkan oleh bisnis tersebut ?
Untuk bisnis yang relatif
kecil, tidak memerlukan strategi di atas, sebaliknya untuk Bisnis besar, karena
cukup dinamis, sangat memerlukan Bussiness Strategy.
Beberapa Metodologi
Perencanaan Sistem
1.
SWOT (Strength, Weakness,
Opportunity, Threats)
2.
VCM (Value Chain Model)
3.
BPR (Business Process
Reengineering)
4.
ISA (Information System
Archtecture)
Semua pilihan Metodologi
di atas, berkonsentrasi pada effectiveness
(doing the right thigs = mengerjakan hal yang tepat) daripada hanya sekedar efficiency (doing things right = mengerjakan sesuatu dengan tepat).
Pendekatan SWOT
Strength dan Weakness
berkaitan dengan kondisi internal perusahaan yang meliputi bidang manajemen,
produksi, SDM, Marketing, R&D, dll.
Opportunity dan Threat
berkaitan dengan kondisi external meliputi bidang ekonomi, sosial, politik dan
faktor teknologi.
Pendekatan VCM
Merupakan evaluasi apakah
dengan Sistem Informasi yang dibuat, memberikan keuntungan kompetitif melalui analisis berantai dari suatu
organisasi, mulai dari bahan baku sampai dengan produk jadi, pengiriman dan
sampai kepada konsumen.
Pendekatan BPR – BPI
Suatu organisasi harus
menemukan kembali kelemahan-kelemahan pada organisasinya dan membebaskan
dari hal yang bersifat struktur
hierarki, dekomposisi dan prinsip-prinsip operasional yang sekarang masih
digunakan (unit-unit vertikal).
à
Perkembangan eksternal yang cukup cepat dengan adanya perubahan market,
teknologi baru, permintaan konsumen à
organisasi harus ber-adaptasi dengan cepat.
Dari workflow diagrams/workflow analysis harus didesain ulang secara
radikal.
SISTEM UNTUK 3 LEVEL
MANAGEMENT
1.
Strategic
2.
Tactical
3.
Operational
Strategic à
mendukung kegiatan organisasi dengan tujuan jangka panjang à Data
Mining, Knowledge Management
Contoh : Market dan Sales
analisis, Product Planning
Tactical à
Kebijakan yang mendukung kegiatan organisasi dalam jangka pendek à
Data warehouse, OLAP
Contoh : Analisis Budget,
Inventory Schedulling, dll
Operational à
Aktifitas sehari-hari dan hanya mendukung kegiatan produksi à
Database, Proses Transaksi
Contoh : Invoice, Payroll,
Accounting
PENGANTAR
UML (UNIFIED MODELING LANGUAGE)
UML adalah salah
satu tools yang paling penting :
-
Akurat
-
Konsisten
-
Mudah dikomunikasikan
-
Mudah untuk diubah
UML tidak hanya
sekedar memodelkan sistem sebagai kumpulan object, tetapi juga menjelaskan apa
yang dapat dilakukan oleh sistem, bagaimana sistem memenuhi fungsinya,
dlsb-nya.
UML juga tidak
hanya memberikan standardisasi dalam notasi/diagram, melainkan menjelaskan juga
aturan hubungan antar komponen.
MENGAPA HARUS UML
UML adalah buah
pikiran dari Grady Booch, James Rumbaugh, dan Ivar Jacobson. Mereka bekerja
dalam organisasi yang terpisah antara tahun 80-an sampai dengan awal 90-an.
Mereka merencanakan sebuah metodelogi untuk analisis dan design yang
berorientasi obyek. Pada pertengahan 90-an mereka meminjam ide-ide dari yang
lainnya, sehingga mereka merencanakan menyelesaikan pekerjaan mereka secara bersama-sama.
Pada tahun 1994 Rumbaugh bergabung dengan
Rational Software Corporation, dimana Booch sudah bekerja disana. Jacobson
mendaftarkan diri pada tahun berikutnya.
Versi draft UML
dimulai dari industri sofware dan menghasilkan umpan balik perubahan secara
substansial. Banyak perusahaan menyatakan bahwa UML akan melayani tujuan
strategi mereka, sebuah konsorsium UML. Hewlett-Packard, Intellcorp, Microsoft,
Oracle, Texas Instruments, Rational, dan yang lainnya. Konsorsium menghasilkan
versi 1.0 UML dan mengajukannya ke Object Management Group (OMG) dan permohonan
OMG untuk diajukan sebagai bahasa modeling standart.
Konsorsium
dikembangkan menghsilkan versi 1.1 dan diajukan pada OMG, yang mana diadopsi
akhir tahun 1997. tahun 1998 OMG mempertahankan UML dan menghasilkan dua
revisi. Akhirnya UML secara de facto menjadi standart dalam industry software.
KOMPONEN-KOMPONEN DALAM UML
UML terdiri atas
sejumlah elemen-elemen grafik yang mengkombinasikan ke dalam bentuk diagram.
Dikarenakan ia adalah sebuah bahasa, UML mempunyai aturan untuk
mengkombinasikan elemen-elemennya.
Tujuan dari
diagram-diagram ini adalah untuk menghasilkan multiple view dari sistem, dan
kumpulan dari view disebut model. Model UML dari suatu sistem suatu saat
seperti sebuah model skala dari bangunan. Penting untuk diperhatikan bahwa
model UML menjelaskan apa yang diajukan sistem untuk dikerjakan. Bukan
bagaimana cara mengimplementasikannya.
Akan diberikan
sekilas tentang komponen-komponen UML :
CLASS DIAGRAM
Pikirkan sesuatu
diseputar dunia anda. Anda mungkin melihat bahwa benda-benda dapat dimasukkan
dalam katagori tertentu (mobil, furnitur, mesin cuci dsb). Kita mereferensikan
bahwa katagori-katagori di atas sebagai sebuah class. Class adalah sebuah
katagori dari kumpulan sesuatu yang mempunyai kemiripan attribut dan beheviors
(tingkah laku). Sebagai contoh class mesin cuci mempunyai attribut seperti
brand name, model, serial number, capacity. Behavioers untuk sesuatu dalam
class termasuk operasi menambah cucian, menambah detergent, hidupkan mesin dan
ambil pakaian.
OBJECT DIAGRAM
Object adalah
instance dari sebuah class – sesuatu yang spesific yang mempunyai nilai dari
attribut dan behavior. Mesin cuci anda mungkin mempunyai brand name
Laundatorium, model name Washmeister, serial number GL57774 dan capacity 16
pounds.
USE CASE DIAGRAM
Use case adalah
penjelasan tingkah laku sistem menurut
pandangan user. Tentang use case akan didiskusikan secara tersendiri. Ada
sebuah contoh, anda menggunakan mesin cuci, secara nyata untuk mencuci pakaian.
STATE DIAGRAM
Suatu object bisa
berada dalam keadaan yang berbeda. Seseorang bisa mengalami masa baru lahir,
bayi, kanak-kanak, remaja, dewasa dan masa tua. Sebuah elevator bisa berada
dalam kondisi bergerak naik, berhenti, atau bergerak turun. Mesin cuci bisa
berada dalam kondisi soak,wash, rinse, spin atau off state.
SEQUENCE DIAGRAM
Class diagram dan
object diagram merepresentasikan static information. Dalam sistem functional,
object berinteraksi dengan object yang lainnya, dan interaksi ini terjadi
sepanjang waktu. Diagram sequence UML menunjukkan dynamic yabg berdasarkan
waktu dari interaksi mereka.
Melanjutkan contoh
mesin cuci yang lalu, komponen dari mesin cuci meliputi water pipe(untuk input
air baru), drum (bagian untuk menempatkan pakaian) dan drain.
Apa yang terjadi,
saat anda menggunakannya? Asumsikan bahwa anda telah memberikan atau melakukan
operasi add pakaian, add deterjen dan add turn on. Urutan langkah-langkah berikutnya sbb ;
- Air memasuki drum via water pipe.
- Drum berhenti/diam selama 5 menit
- Air berhenti masuk.
- Drum berputar bolak-balik selama 15 menit
- Air sabun meninggalkan drum melalui drain
- Air masuk drum lagi.
- Drum melanjutkan putaran bolak-balik lagi.
- Air berhenti masuk.
- Air bilasan keluar melalui drain
- Drum berputar lagi dalam satu arah untuk memeras selama 5 menit.
- Drum berhenti berputar, pekerjaan selesai.
COLLABORATION DIAGRAM
Elemen-elemen dalam suatu sistem bekerja bersama-sama untuk mencapai
tujuannya, dan bahasa modelling harus mempunyai suatu cara untuk
mempresentasikannya. Collaboration diagram UML didesign untuk tujuan ini,
ACTIVITY DIAGRAM
Aktivitas yang
terjadi pada use case atau di dalam tingkah laku object secara typical pada
sequence, sebagaimana dalam sebelas langkah terdahulu. Gambar 1.6 menunjukkan
bagaiamana UML mempresentasikan langkah 4 sampai 6 dari sequence ke dalam
activity diagram.
COMPONENT DIAGRAM
Component diagram
dan deployment diagram adalah kelengkapan dalam sistem komputer (Implementasi).
Pengembangan software modern menciptakannya lewat component-component, yang
mana secara jelas didasarkan pada usaha-usaha pengembangan dengan menggunakan
tim.
DEPLOYMENT DIAGRAM
Dalam UML
deployment diagram menunjukkan arsitektur secara fisik dari sistem ytang
berbasis komputer. Ia dapat terdiri dari komputer dan peralatan-peralatan
lainnya. Gambar dibawah menunjukkan koneksi satu dan lainnya dan menunjukkan software yang ada pada masing-masing
mesin.
PENGERTIAN BERORIENTASI OBJECT
Yang dimaksud dengan “object-oriented” adalah
bahwa kita meng-organisasi software sebagai kumpulan dari object-object diskrit
yang bekerja sama antara “data structure” dan “behaviour”.
Paradigma
Perancangan/Pemrograman berorientasi object, antara lain sbb :
Ø Abstraction
Ø Inheritance
Ø Polymorphism
Ø Encapsulation
Ø Message sending
Ø Assosiations
Ø Aggregation
OBJECT DAN CLASS
Object, yang
kongkrit atau tidak, adalah segala sesuatu disekitar kita. Object-object yang
menyusun dunia ini. Amir, ali, andy
adalah contoh object dari class manusia. Object mempunyai attribut dan operasi.
Attribut dari object di atas adalah umur, tinggi, berat dsb. Sedangkan operasi
dari object di atas adalah makan, minum, tidur, membaca dsb.
Class adalah sebuah
katagori, ia merupakan katagori dari object-object yang mempunyai attribut dan
operasi yang sama.
ABSTRACTION
Abstraction secara
sederhana dikatakan filter property object-object dan operasi.
Type yang berbeda
dari persoalan memerlukan nilai informasi yang berbeda, sehingga hanya
attribut-attribut dan operasi-operasi yang diperlukan saja yang didefinisikan.
Metode ini dikenal dengan istilah abstraction dari suatu object.
INHERITANCE
Object adalah
instance suatu kelas, maka object mempunyai semua karakteristik dari suatu
kelas. Attribute dan operasi yang ditentukan dalam class akan ter-inheritance
ke masing-masing object dalam kelas tersebut.
Class dapat pula
mewarisi sifat-sifat class lainnya. Washing machine, refrigenerator, microwave
ovens, radio, televisi dan sebagainya adalah class peralatan listrik, mereka
mewarisi attribute dari class peralatan misalnya type, dan mewarisi operasi
misalnya turn-on dan turn off.
POLYMORPHISM
Kadang-kadang
sebuah operasi mempunyai nama yang sama pada class yang berbeda. Sebagai
contoh, membuka jendela, membuka pintu, membuka surat kabar, membuka
percakapan. Dalam masing-masing
persoalan dapat dilakukan operasi yang berbeda-beda walaupun dengan nama
yang sama. Konsep di atas dikenal dengan istilah polymorphism, yaitu suatu
opersi dengan nama yang sama, tetapi jika dikenakan pada object yang berbeda
akan mengakibatkan operasi yang berbeda.
ENCAPSULATION
Ketika seseorang
menonton televisi, biasanya seseorang tersebut tidak memperdulikan tentang
kompleksitas rangkaian elektronika yang ada di dalamnya, mereka tidak
memperdulikan bagaimana rangkaian elektronika itu bekerja, mereka hanya
memperhatikan tombol-tombol apa saja yang bisa digunakan untuk
mengoperasikannya. Konsep ini dikenal dengan istilah encapsulation, yaitu
menyembunyikan operasi-operasinya dari dunia luar dan dari object-object lain.
MESSAGE SENDING
Bagaimana
object-object dalam sistem bekerja barsama-sama. Mereka melakukan ini dengan
mengirim pesan dari salah satu object ke object yang lainnya. Suatu object
mengirimkan pesan ke object lainya untuk melakukan sebuah operasi, dan juga
dapat menerima pesan dari object lainnya untuk melakukan operasi.
ASSOCIATION
Sebagai contoh,
saat seseorang turn-on sebuah televisi maka menurut terminologi
object-oriented, seseorang tersebut sedang ber-assosiasi dengan televisi.
Kadang-kadang
sebuah object mungkin diassosiasikan dengan object lainnya dalam lebih dari
satu cara, jika co-worker anda adalah juga teman anda, maka anda sedang “is the
friend of” assosiation dan sekaligus “is the coworker of” assosiation.
Sebuah class dapat
diassosiasikan dengan lebih dari satu class. Seseorang dapat mengendarai sebuah
mobil, dan seseorang juga dapat mengendarai sebuah bus.
AGGREGATION
Komputer terdiri
dari box CPU, keyboard, mouse, monitor, CD-ROM drive, harddisk, modem disk
drive, printer dsb. Didalam box CPU mungkin terdapat CPU, card grafic, sound card dan peralatan lainnya.
Komputer adalah
sebuah aggregation, komputer terdiri
dari sejumlah komponen-komponen yang berbeda yang menyusunnya.
Salah satu bentuk
aggregation meliputi hubungan yang kuat antara object dan object-object sebagai
komponennya. Ini dikenal sebagai composition.
0 komentar:
Posting Komentar