25.8.12

Mata Kuliah : Sistem Pakar (Artificial inteligent)

SISTEM PAKAR

Artificial inteligent (AI) atau Inteligensia Buatan :
Sebuah sistem yang berusaha mengajarkan komputer untuk berpikir. Jadi komputer diprogram sedemikian hingga dapat bekerja seperti seorang manusia yang berpikir.
Sistem Pakar (SP) :
Contoh perangkat lunak dari AI, dan dapat berdiri sendiri di dalam komputer sebagai sebuah AI.
Sebuah perangkat lunak komputer yang memiliki basis pengetahuan untuk domain tertentu dan menggunakan penalaran informasi menyerupai seorang pakar dalam memecahkan masalah. 
Kemampuan  Sistem Pakar :
Kemampuan sistem pakar ini karena di dalamnya terdapat basis pengetahuan yang berupa pengetahuan non formal, yaitu berasal dari pengalaman seorang pakar. Dengan kemampuan SP diharapkan dapat memecahkan masalah lebih cepat dan mudah.
Ciri-ciri Sistem Pakar :
a. Terbatas pada domain tertentu
b. Dapat memberikan penalaran untuk data-data yang tidak pasti
c. Dapat mengemukakan rangkaian alasan-alasan dengan cara yang dapat dipahami
d. Berdasar pada kaidah atau Rule tertentu
e. Dirancang untuk dapat dikembangkan secara bertahap
f. Pengetahuan dan mekanisme inferensi jelas terpisah
g. Keluaran bersifat anjuran
h. Sistem dapat mengaktifkan kaidah secara terarah yang sesuai dialog dengan pemakai..
Keuntungan Sistem Pakar :
1. Membuat seorang awam, bekerja seperti layaknya seorang pakar
2. Meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pekerjaan
3. Menghemat waktu kerja
4. Menyederhanakan pekerjaan
5. Merupakan arsip yang terpercaya dari sebuah keahlian, sehingga pemakai seolah-olah berkonsultasi langsung dengan seorang pakar
6. Memperluas jangkauan dari keahlian seorang pakar.
Sebuah Sistem Pakar yang telah disahkan, sama saja artinya dengan seorang pakar yang tersedia dalam jumlah besar, dan dapat diperoleh serta dipakai dimana saja.

Bagian-bagian Sistem Pakar :
1. Knowledge Base
2. Data Base
3. Inference Ingine
4. User Interface

Bank Pengetahuan (Knowledge Base) :
Merupakan inti program sistem  pakar dimana bank pengetahuan ini merupakan representasi pengetahuan dari seorang pakar.  Dan tersusun atas fakta yang berupa informasi tentang obyek dan kaidah (rule).
Data Base :
Bagian yang mengandung semua fakta-fakta, baik fakta awal pada saat sistem mulai beroperasi maupun fakta yang didapat pada saat pengambilan kesimpulan. Serta digunakan untuk menyimpan data hasil observasi dan data lainnya  yang dibutuhkan dalam pengolahan.
Inference Ingene :
Yang mengatur susunan pengetahuan yang disimpan di Knowledge Base, sehingga dapat digunakan oleh pemakai dengan mudah. Serta memulai pelacakan dengan mencocokkan kaidah-kaidah  dalam Knowledge base dengan fakta-fakta yang ada dalam data base.
User Interface  :
Alat Interaksi dengan manusia (User Interface) adalah bagian penghubung antara program Sistem Pakar dengan pemakai akan terjadi dialog antara program dan pemakai. Yaitu dengan cara program akan mengajukan pertanyaan berbentuk " Ya/Tidak" atau berbentuk menu pilihan. Dan program sistem pakar akan mengambil kesimpulan berdasarkan jawaban dari pemakai.


Metode Pelacakan :
1. Pelacakan Backward Chaining
Memulai penalaran dari kesimpulan hipotesa menuju fakta-fakta yang mendukung hipotesa tersebut.
2. Pelacakan Forward Chaining
Memulai dari sekumpulan data menuju kesimpulan hipotesa.

 

Observasi  1    
                            Kaidah A          Fakta 1
                                                                            Kaidah D
Observasi  2                                                                                     Tujuan
                            Kaidah B          Fakta 2            Kaidah E     
Observasi  3                                               
                            Kaidah C          Fakta 3       
Observasi  4

Diagram Pelacakan Backward Chaining


                            Kaidah A          Fakta 1           Kaidah C              Kesimpulan  1

Observasi  
                            Kaidah B          Fakta 2            Kaidah D              Kesimpulan  2

                                                     Fakta 3                          

Diagram Pelacakan Forward Chaining

Jenis Peranan Sistem Pakar :
1. Sistem sebagai PAKAR


Sistem

                                                  Tanya                        Petunjuk



Pemakai

2. Sistem sebagai  KOLEGA

                                                             Data usulan
                                        Sistem                                                Pemakai
                                                    Data usulan
3. Sistem sebagai PENYELIA
Pemakai

                                                  Tanya                       Nasihat



Sistem
Klasifikasi Sistem Pakar :
Berdasarkan kegunaannya, Sistem Pakar diklasifikasikan menjadi 6 jenis :
1. Diagnosis
2. Pengajaran
3. Interpretasi
4. Prediksi
5. Perencanaan
6. Kontrol.

Unsur-unsur yang Terkait dalam Proses Pembuatan Program SP :
1. Sistem Pakar itu sendiri
2. Seorang Pakar
3. Alat pengembang SP
4. User


        Pembuat alat                                                                    Pakar
                    
                       Pengembangan                                                             Wawancara
                             


Alat pengembang                                                                 Knowledge 
Sistem Pakar                              Menggunakan                    Engineer   


                                                                                                             Mengembangkan,
                                                                                                             memperbaiki,
                                                                                                              menguji.



      User                                                                                    Sistem Pakar
                                                       Menggunakan   
                                                                                                              Mengisi data
                                                                                                    
                                                                                                      Staff              



Hubungan antara unsur-unsur pembuatan Sistem Pakar




Contoh Program Sistem Pakar :

Rule 1 :  Jika hewan berambut
               Dan menyusui
Maka hewan itu jenis mamalia

Rule 2  : Jika hewan mempunyai sayap
Dan bertelur
Maka hewan itu jenis burung

Rule 3  : Jika hewan termasuk mamalia
Dan memakan daging
Maka hewan itu Carnivora

Rule 4 :  Jika hewan itu termasuk mamalia
Dan memamah biak
Maka hewan itu hewan berkuku

Rule 5 :  Jika hewan itu termasuk Carnivora
Dan warnanya kuning tua
Dan kulitnya bercak-bercak
Maka hewan itu  adalah macan tutul

Rule 6 :  Jika hewan itu termasuk Carnivora
Dan warnanya kuning tua
Dan kulitnya bergaris-garis hitam
Maka hewan itu adalah harimau
Keterangan :
                  - Program berbasis pengetahuan Statis.
                  - Untuk mengidentifikasi sebagian kecil dari jenis Hewan
                  -  Menggunakan metode kaidah produksi

Oleh : Ibu Titik Lusiani

0 komentar:

Posting Komentar