10.8.12

Tugas Akhir : Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Pegawai Tetap Dengan Metode TOPSIS

Sistem Pendukung Keputusan Untuk Seleksi Pengangkatan Pegawai Tetap Dengan Metode TOPSIS Pada PT.Gramedia Asri Media Surabaya
Rohmad Bahrudin | 2007

Deskripsi Singkat
Dengan semakin ketatnya persaingan bisnis saat ini setiap badan usaha diharuskan mempunyai strategi yang baik dari segi badan usaha maupun sumber daya manusianya. Seleksi pegawai mempunyai peran yang sangat strategis, dimana akan ditentukan orang yang layak dan berkemampuan untuk duduk pada posisi yang tepat di badan usaha tersebut. Sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan maka tujuan dari badan usaha untuk mencapai laba yang besar akan dapat dicapai.
Pengangkatan calon pegawai tetap merupakan agenda yang dilaksanakan oleh PT Gramedia Asri Media dimana adalah pengembangan karier bagi seorang pegawai kontrak yang telah dijalaninya selama dua kali masa perjanjian kontrak. Seleksi pengangkatan calon pegawai tetap dilakukan dalam suatu periode waktu tertentu dan pada periode pelaksanaanya tiap cabang dari toko buku berhak mengajukan pegawai yang dipromosikan layak untuk menjadi pegawai tetap, hanya  pegawai  yang memiliki potensi dan prestasi yang berhak mendapatkan  kesempatan untuk menjadi pegawai tetap. Kriteria  yang digunakan  untuk menentukan apakah seorang pegawai layak atau tidak untuk menjadi pegawai tetap. Dengan penilaian terhadap kriteria tersebut PT Gramedia Asri Media dapat mempertimbangkan dan memberikan keputusan urutan prioritas kelayakannya. Namun pada pelaksanaan kriteria – kriteria tersebut tidak mempunyai bobot yang baku sehingga terjadi penyamaan diantara kriteria tersebut. Padahal suatu kriteria dapat menjadi lebih penting dari kriteria yang lain dengan berbagai pertimbangan oleh badan usaha tersebut.
Metode TOPSIS  memperkenankan banyak kriteria digunakan untuk beberapa alternatif dengan pembobotan tiap kriteria apakah kriteria itu penting, kurang penting atau tidak penting. Hal ini sangat membantu dalam proses seleksi pegawai, dimana dapat diambil beberapa kandidat dan menggunakan beberapa kriteria.Pihak personalia dapat menentukan kriteria tertentu lebih tinggi daripada kriteria yang lain. Contoh kriteria pendidikan lebih tinggi daripada kriteria status. Dengan demikian perlunya membuat suatu sistem seleksi pegawai tetap menggunakan metode TOPSIS  yang digunakan badan usaha  menyeleksi sumber daya manusia yang tepat agar tujuan meningkatkan laba besar dapat tercapai. 
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat di rumuskan permasalahan yaitu “Bagaimana merancang sistem pendukung keputusan untuk seleksi pengangkatan pegawai tetap dengan menggunakan metode TOPSIS pada PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA yang efektif”
Batasan masalah dalam sistem pengukur kinerja perusahaan serta karyawan ini adalah:
1.     Data yang digunakan adalah data PT Gramedia Asri Media Jl Basuki Rahmat 95 Surabaya bulan Juli sampai dengan Desember tahun 2006.
2.      Kriteria yang digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan pembobotanya dilakukan oleh sistem dan disesuaikan dengan ketentuan perusahaan yang dapat ditambah dan dikurangi. Kriteria yang digunakan antara lain: pendidikan, usia dan masa kerja.
3.      Jumlah alternatif  maksimal dan kriteria maksimal yang dapat digunakan dibatasi oleh sistem.
4.   Penentuan skor kinerja dari tiap kriteria menggunakan metode TOPSIS.
Technique for Order Preference by Similiarity to Ideal Solution (TOPSIS) adalah salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria dengan ide dasar adalah bahwa alternatif yang dipilih memiliki jarak terdekat dengan solusi ideal dan yang terjauh dari solusi ideal negatif (Yonn: 1981)


0 komentar:

Posting Komentar